10 Film Biografi Sejarah yang Keren Banget

Artikel ini berisi 10 rekomendasi film Biografi-Sejarah yang akan membuka cakrawala baru terhadap pengetahuan & pemahaman kamu tentang sejarah dunia Film adalah salah satu sarana yang praktis untuk menerima informasi. Kita tinggal duduk manis tanpa perlu mengeluarkan banyak tenaga dan pikiran, sebuah film dapat memberikan kita informasi yang cukup padat dalam waktu yang relatif singkat. (ya setidaknya lebih singkat daripada baca buku, hehe...) Namun sayangnya, bentuk kepraktisan yang ditawarkan media film …

Bahasa Indonesia itu Gampang atau Susah, sih?

Pernah gak sih, kalian mikir gini: “Kok nilai ulangan Bahasa Indonesia gue gak bagus-bagus amat, ya?” “Perasaan nilai ulangan Bahasa Indonesia gue lebih jelek dari Bahasa Inggris, deh.” Gue sering banget mendengar keluhan-keluhan tersebut dari para siswa. Selama gue mengajar, hal ini selalu saja menjadi fenomena yang berulang setiap tahunnya. Nilai ulangan atau ujian bahasa Indonesia kebanyakan siswa lumayan pas-pasan dan kadang lebih rendah daripada nilai ulangan bahasa asing, apalagi bahasa Inggris. …

Kurikulum 2013 SMP

Seperti yang sebagian besar kita ketahui, saat ini pendidikan Indonesia sedang berjalan menggunakan tiga (3) kurikulum yang berbeda, yaitu KTSP 2006, Kurikulum 2013, dan Kurikukum 2013 Revisi. Adanya tiga kurikulum yang berbeda ini tentunya menuntut sumber materi belajar yang berbeda pula. Sebagai teman belajar yang setia, Zenius pastinya ga mau ketinggalan untuk menyediakan materi belajar buat masing-masing kurikulum dong. Setelah Zenius tanya sana-sini, ternyata untuk tingkat SMP, kebanyakan masih lagi …

Kupas Tuntas Dunia Investasi Bagi Pemula

Halo para pembaca setiap zenius blog, ketemu lagi dengan gue Meby. Pada artikel kali ini gua mau lagi-lagi mau cerita tentang topik ekonomi, khususnya tentang dunia investasi. Artikel ini sekaligus menyambut beberapa request yang zenius terima untuk membahas dunia investasi. Oke pada artikel ini, gua harap bisa mengupas tuntas dan juga sekaligus menjawab banyak pertanyaan lo seputar dunia investasi. Yuk kita mulai pembahasannya! Apa sih Bedanya Tabungan dengan Investasi? Sebelum …

Gimana sih Cara Efektif Menurunkan Berat Badan?

Gue jamin kalau banyak di antara kita minimal di suatu saat tertentu dalam hidup pengen ngurangin berat badan, entah karena emang udah kegendutan, pengen dapet pacar, pengen hidup sehat, pengen jadi idol, ataupun alasan-alasan lainnya. Emang harus diakui, kemajuan teknologi bikin hidup kita jadi relatif mudah secara fisik sehingga kita lebih hemat dalam memakai energi untuk aktivitas sehari-hari (sedentary lifestyle). Mau pergi ke mana2, tinggal duduk manis di motor/mobil. Mau …

Kompilasi Artikel Pemenang Lomba Blog #KenapaMilihZenius

Saat-saat yang dinantikan tiba juga! Bukan bagi gue aja, tapi gue yakin banyak pembaca Zenius Blog yang menanti-nanti artikel ini. Testimoni, kesan, dan cerita dari para pengguna Zenius tak terelakkan menjadi salah satu kategori terfavorit di Zenius Blog. Daripada cuma cerita sepihak dari tim Zenius yang mengaku-aku kami ini keren hehehe, artikel kompilasi testimoni dan pemenang lomba blog seakan menjadi bukti kisah nyata bagaimana Zenius telah mengubah hidup banyak pelajar Indonesia …

Gimana Caranya Berpikir untuk Menghasilkan Inovasi?

Setitik demi setitik, hujan membasahi kaca pada jendela kantor Zenius. Apa yang mengakibatkan hujan jatuh dari langit menuju tanah? Jatuh dengan bentuk menyerupai daun, menyerupai tanda koma. Melingkar pada bagian bawah dengan bagian atas yang meruncing. Apa yang menyebabkannya berupa demikian? Setiap butir air hujan, walaupun kecil, mereka memiliki massa. Dan setiap benda yang memiliki massa harus bergerak menuju pusat massa yang jauh lebih besar dibanding dirinya. Apa artinya setetes …

Garam: Bahan Pengawet, Mata Uang, Hingga Pemicu Gerakan Revolusi

Dalam beberapa minggu dan bulan terakhir, garam selalu menjadi trending topic di berbagai kalangan. Di kalangan emak-emak, garam menjadi perbincangan karena harganya naik. Di kalangan pengamat politik, kelangkaan garam menjadi isu menarik yang bisa diperdebatkan menjelang pilpres. Di kalangan netizen kekinian, garam sempat menjadi perbincangan karena viralnya Salt Bae, koki Turki yang pas naburin garam kayak tante-tante sosialita bawa tas Hermes seharga 2 miliyar. Nah mumpung lagi rame pada ngomongin garam, dalam artikel …